Selasa, 16 Juni 2015

Handling

HANDLING Handling ( penanganan ) terhadap ternak merupakan suatu aspek yang harus di kuasai oleh seorang peternak. Handling berperan dalam pemeriksaan dan perawatan ternak, misalnya pada saat akan melakukan pengukuran, pemberian tanda, penalian/ penjatuhan ternak yang akan di potong . Dalam proses Penanganan (handling) pada ternak sapi harus dikerjakan dengan terampil. Dalam hal ini, dukungan pengetahuan yang berkaitan erat dengan cara penanganan, misalnya cara menggunakan tali atau tambang, cara mengikat, serta cara menggunakan alat – alat, perlu dipahami terlebih dahulu. Hal ini penting sebab pananganan ternak sangat jauh berbeda dengan penanganan ternak unggas ataupun ternak domba. Ternak sapi adalah ternak besar, memiliki tenaga yang lebih kuat daripada manusia, memiliki tanduk yang berbahaya bagi keselamatan orang yang akan menangani, mempunyai sifat suka menendang, serta memiliki tubuh yang berlipat ganda beratnya dibadingkan dengan peternaknya sendiri.

5 komentar:

  1. bagaimana cara penanganan pejantan sapi perah?? dalam hal ini pejantannya yang sangat galak..

    BalasHapus
  2. manfaatnya handling apa saja..........

    BalasHapus
  3. Sebagai peternak kenapa kita harus bisa handling? dan apa bila seorang peternak tidak bisa handlig adakah cara lain cra penagana ternak?

    BalasHapus
  4. terimakasih untuk tanggapan nya. Nah, kenapa kita harus bisa handling? ya karna kita sama sama tahu bahwa manfaat handling itu bgitu banyak dan dalam peternakan sudah pasti kita akan selalu berhubungan dengan yang namanya mengendalikan sapi,,pastinya untuk mempermudah dalam proses pemeliharaan ternak sapi perah atau pun ternak lainnya.

    BalasHapus
  5. @septa : manfaat handling ada banyak diantaranya untuk pemeriksaan kesehatan, pencegahan / pengobatan penyakit,transportasi,inseminasi buatan,pemberian tanda pengenal, potong kuku, potong tanduk dll.
    @ahli : cara penangan sapi pejantan galak umumnya digunakan dengan menggunakan tang penusuk hidung yg telah diolesi antiseptik terlebih dahulu untuk menghindari infeksi. setelah sekat hidung sapi berlubang , dipasang cincin bertali untuk menuntun.

    BalasHapus